Kamis, 03 Februari 2011

MERUBAH DESAIN TEMPLATE

Blog saat ini bukan hanya sekedar berisi artikel pribadi, tetapi telah digunakan sebagai alat marketing online yang sejajar dengan website oleh perusahaan-perusahaan besar dunia. Oleh karena itu desain blog juga mengalami kemajuan yang pesat, banyakCMS/Content Management System membuat desain blog yang dapat kita gunakan dengan gratis dan langsung online. Pada kesempatan ini saya akan membahas"BAGAIMANA MERUBAH TAMPILAN DESAIN BLOG" sehingga blog yang telah dibuat dapat terlihat baik dalam tampilannya sehingga yang akan membaca blog yang kita miliki juga senang membacanya.
1. Bukalah website http://www.finalsense.com/

2. Setelah website finalsense tampil dilayar komputer anda, klik menu Free Blogger Templates.

3. Tampilan Finalsense pada direktori Categories akan muncul setelah itu, disini anda bisa melihat desain template blog yang dapat digunakan untuk tampilan blog yang telah anda buat sebelumnya, ada banyak kategori pada direktori ini antara lain : animal, classic, art, game, general dll. Setelah anda melihat desain dari tiap kategori dan telah mendapatkan desain yang sesuai keinginan, maka yang harus dilakukan adalah melakukan Klik mouse pada tombol More Details yang ada pada sisi kiri templates tersebut.
4Kode html akan muncul pada kotak disebelah kanan, lakukan seleksi seluruh kode html yang muncul tersebut, klik kanan mouse dan pilih copy dari menubar tersebut.
5. Buka website http://www.blogger.com pada jendela baru/new window, lakukan Sign In untuk masuk ke editor blog yang telah dibuat sebelumnya.
6. Setelah anda mengetikan Nama Pengguna Email & Kata Sandi maka tampilan blog akan masuk ke Panel Kontrol seperti berikut, pilih Layout .
7. Panel Layout akan muncul, disini pilih menu Edit HTML
8. Kemudian lakukan seleksi seluruh kode HTML yang ada pada kotak Edit Templates dengan klik kanan mouse pilih Select All pada menubar dan klik tombol Delete pada keyboard untuk menghapus seluruh kode HTML tersebut. Selanjutnya lakukan Paste kode HTML yang telah anda Copy dari web Finalsense sebelumnya, setelah itu klik tombol Simpan Template.
9. Apabila kode HTML tersebut diterima oleh blogger maka akan muncul informasi"Perubahan Anda Telah Disimpan" dan apabila kode HTML tersebut tidak diterima akan muncul informasi dari blogger bahwa kode yang dimasukan tidak Wellformed, bila kode HTML ditolak maka anda harus memilih kembali templates lainnya, yang kode HTMLnya dapat diterima oleh blogger.

10. Klik menu Layout sekali lagi untuk masuk ke panel kontrol Layout, klik tombol Simpan.


11. Informasi "Perubahan Anda Telah Disimpan" akan muncul, untuk melihat hasil perubahan klik "Lihat Blog"
BLOG ANDA TELAH BERUBAH TAMPILANNYA DENGAN TEMPLATES YANG SESUAI KEINGINAN, LANGKAH SELANJUTNYA ADALAH MENAMBAH AKSESORIS BLOG, SILAHKAN KLIK MATERI "MENAMBAH AKSESORI BLOG"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar